Blog,  FriendsClub

Curhatan ‘Calo’ Tiket Konser Mocca

Sejak kepulangan Arina ke Indonesia memang sudah ada wacana Mocca akan manggung di beberapa tempat, Makassar, Singapura dan puncaknya adalah Konser Tunggal di kota kelahiran Mocca yaitu Bandung.

Sejak awal bulan, venue untuk Makassar dan Singapura sudah diumumkan terlebih dahulu. Untuk di Makassar, Mocca main di @woodsygab dan di Singapura Mocca main di festival @baybeats. Nah…konser di Bandung ini yang lumayan bikin ‘aral’! pasalnya sudah hari H-15 belum ada sama sekali keterangan yang jelas. Saya sih sejujurnya beberapa kali sempat dapat bocoran dari Mas Wawan (@wansky) sejak akhir Mei. Bocoran pertama soal venue, antara AACC / New Mayestik, Sabuga atau Dago Tea House. Yang kedua soal tiket, yang ini bikin saya agak kaget juga, karena katanya perkiraan tiketnya sekitar 150 ribu – 200 ribu rupiah. WOW..cukup mahal, walaupun belum semahal tiket Mocca’s Last Show tahun lalu.

Mahalnya perkiraan harga tiket membuat saya berinisiatif untuk ‘membocorkan’ informasi yang saya tahu di linimasa pribadi (@agungrawks) atau di @swingingfriends. Tapi karena takut salah, biasanya kata2nya seperti ini: “Ayo nabung goceng (Rp 5000) sehari buat beli tiket Konser Mocca”. Bahkan di chatroom (GTalk) swingingfriends saya bocorin habis-habisan semua informasinya…hahaha. Maksudnya sih biar yang bener2 niat nonton nanti bisa nabung dulu, atau yang dari luar kota mau dateng bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

Dan akhirnya hari minggu tanggal 17 Juni (H-14) diumumkanlah segala sesuatu mengenai Konser di Bandung ini. Venue-nya di Dago Tea House dan harga tiketnya Rp 100.000 (woohoo…harga tiketnya ternyata lebih murah dari perkiraan). Langsung deh saya umumkan di Twitter, Facebook, GTalk dan Broadcast SMS ke anggota SwingingFriends Premium. Ada 3 ticket box yang akan menjual sekitar 700 lembar tiket Konser Mocca ini, Online di Facebook Mocca, Fast Forward (FFWD) dan Omuniuum. Tapi ternyata sebelum Ticket Box tersebut dibuka, SwingingFriends di tiap kota yang diwakili oleh tiap koordinatornya mendapat privilege untuk jualan duluan. Menurut admin @SF_JKT, di hari pertama saja penjualan tiket untuk SF Jakarta hampir menembus angka 100. Di Bandung kita (@SF_BDG) membuka ‘lapak’ mulai jam 18.30 sampai jam 21.00 di #mondaygath dan berhasil menjual 40-an tiket dan besoknya angka penjualan tiket oleh @SF_BDG sudah hampir 2 kali lipatnya. Di hari kedua penjualan saya dapet telepon dari Mas Wawan (@wansky),

Gung…stop di dalapan puluh weh nya jualanna, rek ngetake jang invitation jeung media euy” (artiin sendiri :P).

Okelah kalo begitu, lagian kan di Bandung udah ada FFWD sama Omuniuum sebagai Ticket Box resmi.

Dibalik fantastisnya angka penjualan tiket Konser Mocca ini ada juga sisi ‘drama’-nya. Sangat disayangkan beberapa teman dekat tidak beli tiket dengan alasan akhir bulan dan tidak ada budget untuk tiket, padahal gerakan menabung sudah saya sarankan sejak awal bulan…hehehe. Atau cerita admin @SF_JKT yang belum beli tiket buat dirinya sendiri dan masih ragu-ragu apakah hari H nanti sempat datang atau tidak dikarenakan di hari yang sama ada acara penting yang tidak bisa ditinggalkan. Ada lagi cerita dari admin @SF_Jogja yang sempat diragukan oleh pembeli tiket disana mengenai keaslian tiketnya. Dan yang paling banyak adalah yang terlambat beli dan kehabisan tiket, karena dalam waktu lima hari saja Tiket sudah terjual habis. SOLD OUT cuy!!

SMS, DM dan PM dengan berbagai alasan masuk ke saya tiap harinya menanyakan ketersediaan Tiket Konser Mocca:

“Saya mau nembak kecengan saya di Konser Mocca, tiket masih ada gak?”

“Adik saya pramugari, kebetulan akhir bulan landing di Indonesia pengen nonton Mocca, tiket masih ada?”

“Mang tiket aya keneh? karunya budak ceurik hayangeun nongton Mocca”

“Kang tiketnya mau satu lagi dong, pacar saya manyun nih kalau dia gak diajak”

“a tiket masih ada? sebel sama si _anu_ kemaren beli buat sendiri aja, sekarang aku jadi marahan nih sama si _anu_

“kak tiket masih ada? aku kemaren beli tapi aku kasih temen aku, soalnya aku udah janji…akunya malah gak dapet”

“mas masih ada tiket gak? gapapa harganya lebih mahal juga”

“kak mau tiketnya dong pliiis, aku SF gagal dong kalo gak nonton konsernya Mocca tanggal 30”

“Om aku rela diapain aja asal dapet tiket” <— ahahaaha…oke…yang ini boongan yah! CATET!  :ngakaks

Nah itulah beberapa pesan singkat yang saya terima mengenai susahnya buat dapet tiket Konser Mocca. Sedikit klarifikasi, setiap informasi tentang acara Mocca biasanya hanya diupdate melalui akun jejaring sosial saja, bukan dengan maksud untuk sok ekslusif, hanya saja biasanya tempat atau tiket yang tersedia memang sangat terbatas dan lumayan menghemat biaya promosi…hehehe. Untuk itu para SwingingFriends dituntut harus lebih kepo dan diharapkan lebih sering bertanya pada akun2 jejaring terkait. ada @swingingfriends @SF_BDG @SF_JKT @SF_Jogja @SFMalangID @Swinging_Mks dll.

Oiya satu lagi…menurut saya menonton acara Mocca dengan harga tiket yang mahal adalah bukan sebagai ajang pembuktian bahwa kamu adalah Swinging Friends sejati. Masih ada kan bentuk apresiasi positif terhadap karya Mocca selain memborong CD dan Merchandise Mocca? apa coba?  :beer:

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.