Blog

Drum Pertama Indra Mocca

Perbincangan tentang alat musik pertama seorang Indra Mocca. Paul McCartney juga Ringo Star yang menginfluence Indra untuk bermusik, hingga meminjam drum ex Drummer Puresaturday.

dsc00723

Drum merupakan salah satu instrumen musik yang cukup kompleks, harganya pun terbilang tinggi. Perjalanan seorang Indra Mocca sebagai penabuh Drum cukup menarik untuk diceritakan. karena bagaimanapun juga seseorang yang ingin serius menjalani karir menjadi musisi mau tidak mau harus mengeluarkan sedikit usahanya untuk membawa alat sendiri keatas panggung, hingga perlu meminjam alat kesana kemari.

Perbincangan dimulai dengan pertanyaan “om Indra… pertama pegang alat musik sejak kapan sih?” sambil saya meneguk teh hangat pada pagi itu sekitar pukul 08.00 WIB.

Indra mengingat-ngingat karena memang sudah cukup lama ia mengenal alat musik, ingatannyapun tertuju pada saat ia masih duduk di bangku SD. “Kayaknya dari SD… kan ada pelajaran musik tuh.. kita disuruh belajar main suling dan pianika hehe” ungkap Indra.

Ceritanya pun berlanjut ketika ia mulai duduk di bangku sekolah menengah pertama, saat itu Indra mulai sedikit serius untuk belajar memainkan instrumen musik, dan Gitar lah yang ia pilih. Gitar akustik yang dibeli dari teman SMP nya sempat membuat Indra bertekad membuat band saat itu.

Sayangnya ketika mulai menjalani band semasa SMP, temannya yang ada di posisi drum ingin berpindah tempat menjadi pemain bass, dan posisi Indra saat itu yang menggantikannya di Drum, formasi pun menjadi acak-acakan.

Tetapi sejak saat itulah Indra yang baru mengenal Drum menjadi kecanduan hingga saat ini.

“Akhirnya saya ngulik-ngulik drum.. terus keterusan deh, jadi kalo pas SMP dan SMA tiap ngeband itu pasti main drum. Sampe suatu saat Riko minta dibantuin ngelarin materi (dulu itu me & my boyfriend) pas ngebantuin Riko saya main drum dan Toma main Bass, abis itu jadi ngeband bareng dan saya di posisi tetap (Drum!)” lanjutnya sambil tertawa.

Terbentuklah Mocca, Indra pun menjadi pemain drum tetap di bandnya ini. Meski sempat membuat band-band kampus saat itu, ia mencoba berada di posisi depan, dengan memegang gitar! meskipun pada akhirnya ia harus kembali di posisinya sebagai penggebuk drum hingga saat ini bersama Mocca.

Drum pertamanya ini ia dapatkan dengan keadaan bekas, meski begitu drum ini masih ada hingga sekarang dan tak jarang ia pakai pada saat dipanggung dan sesi recording lagu-lagu Mocca.

drum-indra-mocca“Drum pertama saya itu merk Premier 1964/ 65, belinya second hand, beli sama siapa lupa.. sampe sekarang drumnya masih ada” ungkap Indra yang saat itu matahari sudah mulai terik.

Perjalanan seorang musisi seperti Indra ternyata tidak semulus yang dibayangkan, perlu banyaknya usaha di awal-awal karir Mocca. Indra yang saat itu banyak dibantu oleh teman-teman musisi lainnya, tidak jarang dipinjamkan alat musik yang dipegangnya, Drum!

“Pernah banget pinjem snarenya Ari Rinaldi (Ari Aru Studio/ Empat Peniti), terus pernah juga pinjem drumnya Udhi (ex Puresaturday) nah drum Udhi ini saya suka banget.. terus drum yang saya beli pun sama kayak drumnya Udhi.. Perciss!!” tegasnya.

“Terus sempat pinjem pedal drumnya temen (Edwin Widia), agak maksa sih minjemnya kalo sama orang ini hahaha, tapi akhirnya pedalnya saya beli, sialnya pas Mocca sempet vacum, pedalnya ilang.. jadi pas Mocca mulai main lagi yaa akhirnya beli lagi deh, tapi second hand juga hehehe” lanjut Indra sambil tertawa.

Tapi siapa sangka Indra yang saat ini dikenal semua orang sebagai Drummer band Indie papan atas, ternyata sangat mengagumkan Paul McCartney loh… yang tentunya suka juga pada alat musik Bass.

“Dulu kalo liat The Beatles paling suka itu liat Paul dan Ringgo.. jadi saya suka banget alat musik Bass dan Drum tentunya” ungkap Indra mengungkapkan kekagumannya terhadap pemain Bass Legend itu.

—-

Rama Bintang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.