Blog

Lagu ‘Happy’ Di Mata Mereka yang Suka K-POP

“Hidup ini hanya sebuah mangkuk berisi ceri, Kadang-kadang takut dipenuhi dengan kekhawatiran, Jangan takut bila ada yang salah, kuatlah..”

mocca-korea

Hayooo! Siapa yang tau diatas terjemahan lagu apa? Yup, lagu diatas berjudul ‘Happy’. Kalian para Swinging Friends pasti sudah mengamini kalau lagu ini begitu terkenal di negeri gingseng sana. Enggak cuman di nyanyikan artis korea saja tapi sampai anak-anak kecil disana juga loh!

Semua berawal dari soundtrack film “Untuk Rena”. Film yang diperankan Maudy Ayunda ini dirilis tahun 2005. Di tahun yang sama, Mocca merilis EP, terinspirasi dari film “Untuk Rena” yang ditujukan untuk keluarga. Ada enam buah lagu tercipta dan salah satunya ‘Happy’. Lirik lagunya dibuat Arina dikombinasi dengan musik yang cheerful. Rasanya dibawa berlarian diatas pasir pantai dengan desiran ombak bersahabat. Like the tittle song, Happy!

Lantas, apa yang membuat lagu ‘Happy’ terkenal dan banyak disukai penduduk Korea? Beatball Records. Kerjasama antar Mocca dan Beatball Records – salah satu label rekaman di Korea – berujung pada ketenaran lagu ‘Happy’. Mendapat respon yang bagus dari penikmat musik sampai-sampai pernah dijadikan jingle iklan oli merk Korea. “Pernah juga sampai dijadiin materi salah satu sekolah anak di Korea untuk ikut lomba lagu berbahasa inggris. Dan lagunya itu pake lagu ‘Happy’ yang bandnya itu asal dari Indonesia. Lucu yah!”, cerita Toma saat kami wawancarai lewat WhatsApp.

Harus Swinging Friends tau, kalau Mocca ini pertama kali konser solo di Korea, lho! Tahun 2010 mereka mengkonserkan lagu-lagu di album pertama sampai ketiga. Tetapi, sebelumnya di tahun 2009, Mocca sempat main di Green Mint Festival yang diadakan di Korea Selatan. Lagu terakhir yang mereka bawakan itu tentunya ‘Happy’ terlihat sekali penonton yang sangat dihipnotis untuk menggerakkan kepala mereka kanan-kiri ditambah tepukan tangan dari awal hingga akhir. Seru banget!

Nah, dari  jingle iklan merk Oli, soundtrack serial drama Korea “Flower Boy of The Ramyun Shop” sampai-sampai ‘Happy’ dinyanyikan AKMU (Akdong Musicians) yang kemarin bertandang di Indonesia untuk melakukan Konser “Saranghaeyo Indonesia 2016” di ICE BSD, Tanggerang.

AKMU yang diisi oleh kakak beradik, Lee Chanhyuk dan Lee Soohyun ini berasal dari Korea Selatan. Dalam tiap promosi album “Spring” ke radio-radio Korea mereka sering membawakan lagu ‘Happy’ versi akustik. Tidak hanya tersebar di radio-radio korea, AKMU membawakan dua lagu cover di konsernya. Salah satunya, lagu ‘Happy’. Mereka begitu fasih sekali menyanyikan lagu ini.

Lalu, apa kata penggemar AKMU saat idola mereka menyanyikan lagu ‘Happy’? Kami berhasil mewawancarai dua anggota BMD_CREW – Komunitas dance K-Pop Bandung. Kali ini kita seru-seruan bareng Nur Ika Fitriani (Founder Bmd_Crew) dan Fachrizal Ilham (Member Bmd_Crew) pengidola AKMU dan Swinging Friends, yuk!

Tau gak lagunya Mocca yang judulnya ‘Happy’?

Ika & Fachrizal: Tau dong!

Menurut kamu lagunya itu gimana?

Ika: Enak dan cocok buat santai. Terus easy listening!

Fachrizal: Lagunya enak gitu adem banget didengernya

Lagu ‘Happy’ ini jadi termasuk playlist favorite kamu enggak sih?

Ika: Bisa jadi kaliyah (tertawa)

Fachrizal: Iyadong!

Tau enggak lagu ‘Happy’ terkenal di Korea bahkan sering dinyanyiin sama artis-artis Korea plus anak-anak sekolahan di Korea dan sempet jadi soundtrack film juga. Menurut kamu sebagai Swinging Friends plus seorang K-Popers gimana nih?

Ika: Tau banget! Waktu itu pernah nonton drama. Eh, tiba-tiba backsoundnya lagu Mocca yang ‘Happy’. Antara kaget sama bingung juga sih toh Mocca di Indonesia juga gak terlalu gimana tapi orang-orang Korea bisa tau lagu itu. Kalau gak salah nama serial dramnya “Flower Boy Ramyun Shop”.

Fachrizal: Iya tau. Buat aku sih sebagai orang yang suka banget sama Mocca dan suka sama K-Pop ngerasa keren dan seneng banget waktu tau lagunya Mocca bisa sampai terkenal banget di Korea nya.

Sabtu kemarin, AKMU ngadain konser di Jakarta dan nge-cover lagu ‘Happy’. Komentar kamu gimana?

Ika: Menurut ku keren! Bangga juga lagu buatan anak Indonesia dibawain mereka. Semoga semakin kesini gak cuma Indonesia yang suka lagu K-Pop tapi orang korea suka lagu Indonesia juga.

Fachrizal: Keren! Merinding dengernya apalagi ini dicover artis yang sekelas AKMU

Apa yang terlintas di pikiran kamu kalau lagu ‘Happy’ itu ternyata berasal dari band indie asal Indonesia, yaitu Mocca?

Ika: Bangga banget akhirnya band Indonesia terkenal karena karyanya bukan sensasinya.

Fachrizal: Bangga aja sih lagu ‘Happy’ yang dari Indonesia bisa sampai terkenal banget!  

Kalau lagu ‘Happy’ diibaratin artis K-Pop, kamu milih siapa?

Fachrizal: J.Rabit deh kayaknya

 

((Cynthia Novianti))

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.