Blog

Launching Synchronize Session One Compilation

Hari Jumat, Sabtu dan Minggu pada tanggal 13, 14 dan 15 Februari menjadi salah satu momentum bersejarah bagi perkembangan music indie di Indonesia. EX Plasa Indonesia me-launch album Syncronize Session One yang memuat 13 band indie terkemuka antara lain : Santamonica, Soulvibe, Mocca, sore. Whiteshoes and the Couple Company, Zekke and The Popo, Aditya, Efek Rumah Kaca, Anda, Pure Saturday, Agriculture, ape on The Roof dan Sister Duke.

Hari pertama dibuka dengan Everybody Loves Irene dengan musiknya yang khas, improvisasi surealisme dengan variasi yang kontemporer, kemudian Mocca dengan nada – nada swing easy listening, juga Efek Rumah Kaca dengan permainan akustik nan memukau. Penampilan di hari Jumat ditutup oleh Pure Saturday yang terus menerus menuai request dari penonton.

Hari kedua kedua dimulai dari Sore, Zekke and The Popo dan ditutup oleh Whiteshoes and The Couple Company yang menyajikan musik khasnya. Karena keterbatasan waktu, penulis belum sempat menonton seluruh band yang tampil memukau terebut

Kesan menonjol dari gawe besar EX Plasa ini adalah sangat – sangat memukau, serta antusiasme yang besar dari penonton yang rata – rata kawula muda progresif. Sebuah kebangkitan besar musisi indie dalam percaturan musik tanah air yang mulai menunjukkan kejenuhan serta minimnya variasi. Pesan yang disampaikan dalam acara ini adalah “support local musician especially indie”. Acara ini dipenuhi oleh penonton di area city hall ex plaza, baik yang duduk di depan panggung maupun berdiri hingga information center yang berada jauh dibelakang.

CD Syncronize session one tersedia di information Canter Plasa EX dan outlet musik terkemuka. Penulis sempat membeli CD exclusive limited edition yang bersampul tebal layaknya kado dan di dalamnya berisi CD berwarna hitam (tentu saja :D), postcard dari masing – masing band serta sebuah booklet yang memuat discography, international performance serta achievement masing – masing band. Sebuah album kompilasi yang “very – very worth”, progressive dan sangat layak dimiliki karena di dalamnya memuat the best songs of the bands. Apalagi MOCCA memasukkan lagu barunya khusus buat album ini yang berjudul “lucky me” .

Harapan salah satu musisi yang sempat berbincang dengan penulis adalah agar acara – acara semacam ini lebih sering diadakan, mengingat semakin minimnya variasi acara musik yang disajikan oleh media televisi yang notabene terlalu dikuasai oleh pemodal sehingga kualitas musik disajikanpun semakin jauh dari harapan.

Penulis menyampaikan juga selamat berulang tahun ke 5 untuk EX Plasa dan semoga event yang diadakan semakin berkualitas dan menghibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.