Blog

Mocca Bongkar Rahasia di Secret Show

ssm5

PARA Swinging Friends yang hadir di konser rahasia atau Secret Show Mocca, Jumat (19/12/2014) malam lalu menjadi pendengar pertama lagu-lagu Mocca untuk album terbarunya berjudul “Home”. Lagu-lagu tersebut seakan menjadi hadiah terindah di pengujung tahun 2014, dari Mocca untuk para penggemarnya.

Penampilan istimewa Arina (vokal), Riko (gitar), Toma (bas) dan Indra (drum) dalam konser yang digelar di panggung terbuka Lawangwangi Creative Space, Jalan Dago Giri no.99, Kabupaten Bandung Barat itu juga membayar pengorbanan para Swinging Friends. Karena meski dalam kondisi hujan cukup deras di sepanjang acara, para Swinging Friends rela hujan-hujanan hadir dan menonton band kesayangnnya itu.

Kondisi yang kurang kondusif itu membuat konsep acara berubah. Panggung dengan dekorasi menyerupai ruang tamu rumahan di area terbuka akhirnya terpaksa ditutupi atap sederhana, meski hanya menutupi area panggung. Sementara para penonton harus rela mengenakan jas hujan karena keterbatasan tersebut.

Namun juga di luar ekspektasi, suasana yang terjadi justru tetap terasa menyenangkan dan penuh keakraban. Para Swinging Friends yang mungkin awalnya hanya saling berkomunikasi lewat media sosial, akhirnya saling mengenal saat bertemu langsung pada kesempatan itu.

Tak hanya Swinging Friends dari Bandung dan daerah lain di Jawa Barat, momen Secret Show memang selalu menarik minat para Swinging Friends dari daerah lain. Mulai dari Jakarta dan sekitarnya, ada pula dari Jogjakarta, Surabaya bahkan hingga Makassar.

Acara yang sedikit diundur dari jadwal sebelumnya tak secara langsung menampilkan pertunjukan  musik dari para personel Mocca. Selayaknya bertamu, satu per satu personel mendatangi area panggung dan menyambut para tamu acara kali ini, para Swinging Friends.

Toma yang pertama datang menghampiri dua pembawa acara konser kali ini langsung membocorkan rencana peluncuran album terbarunya. Hal itu pun dipertegas oleh Indra dan Riko yang menyusul hadir ke tengah-tengah acara. “Oh udah dikasih tahu?” kata Riko dengan ekspresi seperti terkejut.

Para Swinging Friends semakin antusias dengan kabar tersebut setelah Arina menunjukan bentuk fisik albumnya. para Swinging Friends pun histeris kegirangan saat Arina mengatakan, “Dan untuk para Swinging Friends yang hadir di acara ini, akan mendapatkan album ini satu-satu”. Sorakan dan tepukan tangan penonton sekaligus membuka penampilan Mocca yang mengawali konsernya dengan lagu “Good Morning Song”.

Suasana pun kian dihangatkan dengan lagu berjudul “Bandung”. Lagu yang diluncurkan untuk menyambut hari ulang tahun ke-204 Kota Bandung itu digeber para pemain musik lewat ketukan drum yang powerful berpadu dengan kolaborasi suara instrumen musik lainnya secara seirama pada beberapa bagiannya.

Kisah dibalik layar dan proses kreatif pembuatan full album keempat Mocca juga diceritakan para personelnya secara santai dan penuh keceriaan. Suasana penuh keintiman yang tak biasa terjadi dalam penampilan panggung Mocca itu seakan menjadi momentum berharga bagi para Swinging Friends, selain tentu lagu-lagu baru yang dibawakan secara live pada konser kali ini.

Para Swinging Friends juga seperti dibawa dalam suasana latihan band Mocca sehingga membuat konser kali ini terasa lebih cair. Arina dkk. seakan tak segan saling menyalahkan rekan satu bandnya bila terjadi kesalahan dalam membawakan lagu-lagu baru mereka. “Ngeband udah belasan tahun, tapi masih suka grogi kalau bawain lagu baru,” kata Arina berkelakar.

Seperti dalam gelaran Secret Show sebelum-sebelumnya, acara dimeriahkan penampilan kolaborasi Mocca dengan sejumlah bintang tamu rahasia. Kolaborasi pertama dilakukan para personel Mocca dengan vokalis duo Banda Neira, Rara membawakan lagu “Imaginary Girlfriend”.

Bintang tamu rahasia yang mungkin tak disangka-sangka para penonton adalah seorang anak cowok bernama Aldin yang merupakan salah satu anak kandung sang beat keeper Mocca, Indra. Dengan gaya yang polos, Aldin beradu vokal dengan Arina dalam lagu “Bundle of Joy”. Aksi panggung menggemaskan dari bocah yang masih duduk di Sekolah Dasar itu membuat para penonton bersorak histeris.

Sebelum membawakan lagu terakhir di sesi pertama konser itu, Mocca juga melakukan kolaborasi dengan salah seorang gitaris sekaligus vokalis band The Triangle, Cil, membawakan lagu berjudul “Changing Fate”. Sebagai pemungkas, lagu berjudul sama dengan judul album mereka, Home” kali ini pun ditampilkan ke hadapan penonton.

Setelah penampilan duo Banda Neira membawakan empat lagu ciptaannya juga lagu milik Mocca versi mereka, area panggung kembali diambil alih para personel Mocca. Pada sesi kedua itu, Mocca tampil lebih energik membawakan lagu-lagu pesanan para penonton, seperti “Do What You Wanna Do” dan “Friend” yang cukup jarang mereka bawakan di atas panggung.

Suasana pun benar-benar pecah saat lagu terakhir berjudul “You And Me Against The World” di bawakan para personel Mocca. Para Swinging Friends yang sepanjang acara hanya menonton sambil duduk, tiba-tiba berdiri serentak saat intro pada lagu dari album “Friends” itu dimainkan.

Tak hanya itu, mereka pun seakan menumpahkan ekspresi kegembiraannya dengan meneriakan “Oi, oi, oi” sambil mengacung-acungkan tangan dan melompat-lompat. “Sampai jumpa di Home Concert, 9 Januari 2015 nanti, di Tea House!” kata para personel Mocca sebelum mengakhiri penampilannya.

8 Comments

  • irnahera

    Kado spesial di penghujung tahun 2014. Secret Show, bener-bener rahasia, serunya mecahin kode, serunya punya kenalan baru hasil tebeng menebeng menuju tempat tujuan, obrolan akrab di shuttle bus. MOCCA bikin hangat di tengah dinginnya kabut DAGO. I LOVE YOU MOCCA !! Terimakasih selalu ngasih pengalaman ga terlupa di setiap secretshownya.

  • Dhita Pratama Muslimah

    kali pertama ikutan secret show mocca bukan jadi penonton tp jadi pemandu acara berkesan banget meskipun agak hina HA .kusebut itu bukan secret show tp rainy show yg disulap jadi warm show sama Mocca dan kedekatan para swingingfriendsnya 😀 .seneng bisa jadi bagian dr swingingfriends dan kelas Mocca . kuharap teh arina dan suaminya bisa tinggal di Indonesia aja biar mocca show taun depan tetep murudul kaya taun ini uuuu :3 i love you MOCCA, KELAS MOCCA, dan para SWINGINGFRIENDS mwah

  • radendhinar

    Secret Show kali ini benar-benar berbeda, keakraban yg disuguhkanpun berbeda. Sesuai dengan tema ‘Home’ nya, kali ini kita yg menontonnya diposisikan sebagai tamu yg sedang berkunjung ke rumahnya Mocca. Ditambah-tambah kita yg nonton juga disuguhin makanan sm teh/kopi yg bisa direquest mau kaya gmn. Enak bangeeeett…bener-bener serasa lg bertamu dirumah orang-orang yg ramah bgt. Dapet kalender dr Mocca pula. Mantaappss..

  • Angger

    wah sayang sekali tidak bisa kembali hadir disecret show mocca tahun ini. surprise yang luar biasa bisa mendengarkan langsung dan dapet albumnya. huhuhu .. udah dijual bebas belum ya album barunya ?

  • Evi Anggraeni

    Dari suasana di fotonya udah keliatan kalo nyenengin banget gitu 🙂 moga kapan2 dikasih kesempatan buat nonton.. #aaaakk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.