Blog,  FriendsClub

Mocca Feat. Agung Kurniawan

Wihiy…judul ini terdengar terlalu kontroversial dan mungkin memancing orang berkomentar “anjis..sombong” atau “aaa…aku envy kakaaa”. Tapi saya tetap ingin bercerita tentang ini, karena ini sebuah kebanggaan selama saya menggemari sebuah Band.

Percaya dengan cinta pada pandangan pertama? itulah yang saya rasakan terhadap band Mocca. Saya pertamakali nonton Mocca di Sabuga sekitar tahun 2002, saat itu saya datang karena kebetulan aja dapet freepass and sama sekali gak tau bakalan ada band apa aja yang maen. Yang saya inget waktu itu emang gak ada band terkenal yang maen (bahasa gaulnya: yang maen Indies semua). Ada The Milo, Rock n Roll Mafia (yang dulu saya kira beneran band Rock and Roll), Pemuda Harapan Bangsa, dll. Dan ada Mocca yang waktu itu tampil banyakan. Gak inget lagu apa aja yang dulu dibawain mereka, eh…2 lagu deh yang ngeh, waktu itu vokalis Mocca bilang “Ini lagunya Bjork” mungkin ‘Hyper-Ballad’ kali ya? yang jelas waktu itu Mocca masih punya pemaen perkusi dan pas lagu itu pemaen perkusinya mukul2in ‘kendi’ ya…kendi tempat air itu :)). Trus lagu kedua yang diinget adalah ‘Me & My Boyfriend’, sebelum lagu ini vokalisnya bilang “lagu ini persiapannya memang lama” ~ sambil nyiapin beberapa buah mic untuk bagian choir lagu ini. Daaan…ternyata ‘Me & My Boyfriend’ ini pernah saya dengar beberapa kali di radio, saya kira lagunya band bule malah.

Sejak saat itu saya jadi cari tahu siapa itu Mocca, pas mereka rilis album saya beli CD bajakannya di kota kembang, karena waktu itu harga CD originalnya Rp 50000, cukup mahal untuk kantong mahasiswa. Namun akhirnya kebeli juga CD Originalnya, tapi beli buat dikasih ke ‘seseorang’ yang lagi ulang tahun. Oke SKIP….NEXT!

Yap! saat itu saya menjadi ‘moccaholic‘, ngulik gitar lagu-lagu Mocca. Bahkan temen satu himpunan mahasiswa saya racunin Mocca semua, walaupun gak berhasil…hehe. Sedihnya waktu itu kalo nonton gigs-nya Mocca biasanya gak temen, yang akhirnya bisa nemenin paling itu-itu aja, temen sejomblo dan setanah air . Lagian jarang banget tau jadwal gigs-nya Mocca, soalnya info2 manggungnya dulu biasanya cuman ditempel di distro2 semacam 347 atau ouval.

Dari situ mulai kepikiran untuk ikutan fansclubnya, tapi ternyata gak ada -___-. Jalan lain adalah kenalan sama personilnya, tapi karena malu akhirnya gak jadi juga. Cara yang paling ‘bombastis’ dulu saya pernah submit profil ke sebuah reality show yang acaranya mempertemukan fans dengan band idolanya. Gak cuma itu, fans juga diajak ngejam bareng dengan idolanya tersebut. Kalo gak salah dulu nama acaranya “Gue Anak Band” di TPI. Entah profil saya yang tidak meyakinkan atau Mocca yang kurang populer, sehingga gak pernah ada panggilan dari Reality Show tersebut, Padahal saya udah latihan terus lagu-lagunya Mocca…hehe udah ngarep.

Mocca Feat. Agung, Indiecoustic AstroTV (2008)

Kesempatan kenal dengan Mocca baru terwujud tahun 2007, saat itu fansclub Mocca sudah terbentuk dengan nama Swinging Friends. Dan kesempatan nge-Jam sama Mocca berhasil terwujud juga bulan April tahun 2008. Acara bersejarah (buat saya) itu bernama Indiecoustic, produksi Astro TV, dan di 2 lagunya Mocca ditantang untuk Jamming dengan seseorang. Saat itu Mocca memilih Glenn Freddly untuk Jamming di lagu ‘This Conversation’, dan memilih saya untuk Jamming di lagu ‘Friend’. Waktu itu saya maen gitar, mendebarkan sekali.

Yang kedua adalah saat Swinging Friends bikin acara buka puasa bersama, waktu itu ada juga sesi akustik dari Mocca. Pas Mocca mau bawain lagu ‘Let Me Go’ Arina menawarkan siapa yang mau jadi teman duetnya, spontan saya langsung maju ke depan dan menjadi teman duet Arina di lagu itu. Meski dalam suasana sangat santai dan agak bercanda tapi sebuah kebanggan untuk bisa berduet dengan Arina. Duet ‘Let Me Go’ hampir terjadi lagi ketika Mocca manggung di launching toko Lou Belle (@loubelleshop), tapi tidak jadi karena masalah teknis.

Mocca Feat. Agung, STT Telkom (2010)

Tahun 2010 saya kembali dapat kesempatan untuk ngeJam sama Mocca, waktu itu ternyata Riko sedang berhalangan, dan saya dipilih buat gantiin Riko. Walaupun bebannya gede tapi akhirnya saya terima juga tawarannya. Pas saya tanya “Berapa Lagu?” ternyata Mocca harus bawain 10 lagu. Di waktu latihan, yang paling kritis adalah Arina, sering sekali ketahuan maennya salah sama Arina, teteh detail banget soal Major atau Minor-nya. Selesai manggung 10 lagu waktu itu di acara STT Telkom, saya sama sekali tidak berani bertanya gimana hasilnya. Tapi kata pak manager sih ‘aman’ hehehe.

Mocca Feat. Agung, Dear Friends Concert (2012)

Terakhir, di Konser Mocca – Dear Friends Juni 2012 saya kembali naik panggung bareng Mocca, ceritanya Arina ngajak 2 orang penonton untuk berduet diatas panggung di lagu ‘Swing It Bob’, saya dan Hilmi (@myhilmi) adalah yang terpilih setelah menggantikan 2 orang penonton yang kabur sebelumnya (@asepsukanda & @diditdwi) hahaha.

Sayapun bernyanyi seadanya dan berdansa resah diatas panggung karena sudah ‘kagok edan‘, walaupun salah tingkah diatas panggung ya sudah teruskan saja. Walaupun cukup memalukan tapi saya sangat berterimakasih karena itu adalah sebuah kesempatan langka yang mungkin orang lain bahkan ada yang pengen 😛 (cieeee ada yang envy)Terimakasih MoccA atas kesempatan yang diberikan buat saya! Lain kali, kalo misalnya saya diajak duet lagi saya selalu siap kok, kan masih ada lagu ‘This Conversation’ yang belum pernah duet sama saya, atau ‘Let Me Go’ lagi juga gak apa-apa, atau barangkali mau ngajak rekaman? haha ngarep bangeeeet!

foto oleh: @wansky, @ekalovesmocca & @sisankut

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.