Blog

Rehearsal Show with Kelas Mocca

klasrehekotak

Ada banyak cara sebuah fansclub untuk membuktikan loyalitas terhadap band yang didukungnya, salah satunya adalah membuat proyek musical-tribute. Kelompok penggemar grup band Mocca yang berjuluk SwingingFriends sudah setahun belakangan ini membuat sebuah proyek tribute yang dinamakan KelasMocca, sebuah semi-workshop yang kegiatannya adalah memainkan bersama lagu-lagu Mocca dengan aransemen baru dan dengan alat musik yang beragam. Sedikit berbeda dengan orkestra, alat musik yang digunakan oleh para peserta KelasMocca adalah alat-alat musik sederhana yang biasanya dipunyai dirumah karena mungkin dahulu pernah dipelajari di mata pelajaran kesenian saat duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah.

Alat-alat musik sederhana seperti ukulele, tamborin, marakas, xylophone, pianika, atau suling recorder justru menambah keunikan aransemen yang diciptakan oleh KelasMocca. Namun seiring terus bertambahnya peserta KelasMocca, instrumen yang dibawa oleh para peserta KelasMocca semakin beragam, bahkan tidak sedikit yang membawa alat musik yang lebih “berkelas” seperti biola, klarinet atau saksofon.

Untuk menandai setahun perjalanan KelasMocca, maka SwingingFriends merayakannya dalam sebuah acara yang diselenggarakan dalam rangka perayaan ulang tahun KelasMocca yang pertama. Acara ini diberi nama ‘Rehearsal Show’. Nama ini mengadaptasi nama gelaran serupa yang pernah dibuat oleh Mocca tahun 2007 silam. Jika dulu beberapa fans diundang untuk menonton Mocca latihan di sebuah studio. Namun dalam acara kali ini Mocca mengundang fans untuk berlatih dan turut mengiringi Mocca secara bersama-sama. Latihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan sebuah proyek kolaborasi yang rencananya akan dibuat beberapa waktu kedepan.

Dalam Rehearsal Show kali ini, diharapkan para peserta KelasMocca dan penonton umum untuk dapat hadir dengan membawa alat musiknya masing-masing yang dikuasainya. Untuk lagunya, kita telah menyiapkan aransemen untuk 3 lagu wajib untuk dibawakan selama acara, 3 lagu wajib tersebut sudah dibuatkan video tutorialnya di Youtube, jadi penonton yang akan datang bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Sedangkan 2-3 lagu lagi akan ditentukan berdasarkan permintaan dari penonton yang datang nanti dengan cara voting. Peserta-peserta yang paling berani dan paling menguasai materi, akan diberi kesempatan maju ke depan panggung dan mengatur komando untuk peserta lainnya.

Inilah 3 lagu wajib yang akan dimainkan di Rehearsal Show:

Lucky Man 

I Remember

Do What You Wanna Do

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.