Blog

‘Secret Admirer’ Awal Untuk Melejit

“Oh..secret admirer, When you’re around, The autumn feels like summer, How come you’re always, Messing up the weather?, Just like you do to me…” Ini dia lirik dari bait-bait awal lagu ‘Secret Admirer’. Pasti swinging friends tau kelanjutannya seperti apa kan? Tapi… swinging friends udah tau belum kalau cerita aslinya tuh bukan soal pemuja rahasia? Belum yah? Kalau belum, swinging friends cari tau disini, yuk!

mo176Kalau kita mendengar kata secret admirer pastilah kita mengartikan dengan pemuja rahasia, iya kan?. Nah, untuk yang ini beda banget! ‘Secret Admirer’ dalam lagu Mocca memang dibuat berdasarkan kisah nyata. Tapi, nyatanya enggak ada rahasianya banget, deh. “Sebenernya enggak secret, terang-terangan malah”, ungkap Riko diawal ceritanya.

Ceritanya dimulai dari salah seorang mantan manajer terdahulu Mocca, Jemi. Waktu itu Jemi sedang ‘pendekatan’ dengan satu perempuan. Saat-saat PDKT (pendekatan) ini bikin Jemi ‘panas’ dan terucaplah satu kata dari Jemi untuk menyapa perempuan itu, “Hello”. Kata-kata ‘hello’ ini dimasukkan dalam lirik Mocca (“…every time you say hello…”). Terus, saking mengganggunya, Mocca menambahkan bumbu-bumbu imajinasi seperti, disaat perempuannya tertidur lelap dan bermimpi menghitung domba, Jemi masuk kedalam mimpi berwujud domba. Akhir cerita, cewek itu bukan jadian sama Jemi tapi, sama orang lain. “Ya dia kesel, cuman jadinya diledek terus sama kita-kita”, tambah Riko.

Lagu ‘Secret Admirer’ awalnya dibuat Riko saat masih kuliah di tahun 1997. Riko membuat chord dan satu kalimat “..oh, secret admirer…”. Sisanya, nada dan liriknya dibuat bersama Arina. ‘Secret Admirer’ pertama disebarkan dalam majalah Ripple. Majalah Ripple waktu itu merupakan majalah independen tentang musik yang enggak mainstream. Berjaya dimasanya, versi akustik lagu ‘Secret Admirer’ ada dalam lembaran sejarah Ripple. Hingga sampailah di tahun 2002 Mocca merilis lagu juga album pertama “My Diary”.

“Di setiap lagu, dulu kita ada artworknya, untuk secret admirer kita kasih gambar manusia biri-biri yang lagi bawa bunga. Itu diambil dari lirik send me bouquet of flowers”, ucap Riko saat kami wawancarai.

Walaupun kisah ‘Secret Admirer’ pada nyatanya bukan soal pemuja rahasia, tetapi lagu ini didedikasikan untuk siapa pun. Enggak cuman yang punya penuja rahasia aja, yah! Bahkan, lirik asli lagu ini ada dalam genggaman salah satu Swinging Friends Malang bernama Dewi. Bermula dari Mocca di interview dalam Radio Ardan Bandung. Lalu, ada satu telepon masuk dan mengungkapkan kesedihan juga kekecewaan Mocca karena vakum. Waktu itu, Mocca vakum karena Arina yang menetap di luar negeri.

“Suasana jadi lumayan akward. Itu live siarannya. Ya terus, saya ngasih lirik asli itu semacam janji kita bakalan balik lagi suatu hari nanti. Cuman saya pesen ke Dewi kalau suatu saat Mocca bikin pameran, saya mau pinjem lagi kertasnya (tertawa)”, ujar Riko.

Awal lagu ini lah, Riko menyadari untuk bisa membuat lagu sampai sekarang. Dari lagu ‘Secret Admirer’ ini saja Mocca dinobatkan sebagai ‘Artist Of The Month’ oleh MTV dan dibuatkan video klipnya. “Ini semacam pondasi buat saya. Ngeliat lagu itu bisa tumbuh dan berkembang dimana aja, sampai nyebrang kota, pulau bahkan negara”, tutup Riko hangat.

(Cynthia Novianti)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.