Blog

Sisi Lain Toma Mocca

toma-studio

Siapa sangka seorang Achmad Pratama atau yang lebih akrab dipanggil Toma sang pencabik bass di Mocca adalah seorang pembuat jingle iklan di televisi dan menjadi produser untuk beberapa penyanyi nasional, salah satunya Cita Citata.

Dan tim media Mocca berkesempatan mewawancarai Toma di sela-sela kesibukannya. Sebuah wawancara singkat namun seru karena bakal mengupas tentang keseharian Toma ketika di luar Mocca.

 

Setiap bulan puasa biasanya jadwal manggung kan agak berkurang, biasanya kegiatan seorang Toma ngapain aja?

– Bulan puasa kali ini gw ngurusin pindahan studio nih, sama finalize project audiobooks “Teman Sepuluh Tahun” dan webmusik satumusik.com dan bikin materi lagu buat dijual ke penyanyi deh.

Selain di Mocca, Toma juga mempunyai kantor yang bergerak dibidang pembuatan audio/jingle?

Iya, sudah lebih dari 5 tahun ngerjain ini..

Bisa diceritakan mungkin tentang pekerjaan Toma ini?

Sejak 2007 mulai merintis bidang musik untuk iklan ini. Dari mulai bikin di rumah sampai bisa bikin studio kecil dengan pake nama opera musik sampai sekarang bikin lagi Fat Musik www.fatmusik.net. Selain di Mocca ya inilah yang gw kerjain weekday. Dari dulu emang suka banget sama industri musik iklan ini, enak banget bikin musik terus langsung rilis di media, seneng aja bisa denger karya sendiri sambil dgr radio atau nonton tv. [Tertawa]

Bisa sedikit dishare tips bagi pemula tentang cara membuat jingle?

Simple aja harus bisa bikin musik yang dinamis dalam durasi singkat max 1 menit, sering dengerin iklan aja, bisa langsung belajar kok, skema dinamika musik. Intinya harus bisa ikutin apa yang klien mau dan pasar mau dan bisa membantu klien untuk mengarahkan musik yang seperti apa yang baik juga , juga sebagian besar musik iklan itu melihat apa yang sedang ramai di masyarakat.

Dan apa aja yang harus disiapkan?

Persiapannya yang jelas harus bisa alat dan software music dan yang paling utama bisa komposing musik tentunya tetap harus dgn taste yang baik juga.

Ada ga klien yang agak aneh ketika meminta dibuatkan jingle misalnya untuk iklan produknya atau apapun itu?

aneh sih enggak cuma ada beberapa klien yang suka minta dibuatin musik cepat jadi dalam semalam atau tiba-tiba ada revisi minta ganti musik dalam semalam. gila sih tapi seru setelah liat klien puas dgn yang sudah kita kerjakan. [Tertawa]

Toma sendiri awal mula bisa sampai bisa membuat jingle atau audio ini gimana?

gw emang dari dulu suka banget dengerin jingle iklan di tv, langsung niat suatu saat pengen bisa kerja dibidang ini dan Alhamdulillah dgn semngat yang tinggi akhirnya tercapai sampai sekarang ini. Pernah bikin buat produk seperti : Vitacimin, aki GS, Seprai Bonita dan shampoo Head and Shoulder.

Katanya memproduseri penyanyi dangdut Cita Citata?

jadi awalnya gw kan emang suka bikin lagu juga buat Marcell. Udah 3 lagu, terus dari situ gw jadi suka bikin materi lain dan salah satunya gw nyoba bikin lagu dangdut. Jujur masih awam tp gw coba bikin yang sederhana sebisa-bisa gw tapi pas. Emang dari kuliah gw suka bikin lagu kaya dangdut gitu buat seru-seruanan aja sih [ketawa]. Nah, kali ini lagunya gw coba twist dgn lirik kekinian yang suka ambil dari meme kocak gitu, taunya label dan Cita-Citata suka ama materi itu. Lagu ini, untuk lirik gw dibantu oleh Riza Ardiana dan aransemen dibantu Mas Agam.

Dengan memproduseri Cita Citata ga akan takut kehilangan fans ke Toma atau malah jd mengubah image Toma, kan orang-orang tau nya Toma adalah personel Mocca yang dikenal memainkan jenis music yang jauh berbeda dengan music dangdut?

Musik itu universal, gw tidak pernah judge musik genre dangdut itu punya kualitas buruk lho kecuali lagu Lelaki Kerdus. [Tertawa]

Oya, Toma juga punya platform musik yaitu satumusik.com bisa diceritakan juga itu apa?

itu project idealis yang ingin dikomersilkan. Jadi seperti Soundcloud tapi ini pure untuk musik Indonesia yang nantinya bisa jadi wadah untuk musisi dan agar bisa bantu para musisi untuk mempromosikan lagunya atau karyanya. Saat ini masih versi awal banget masih banyak kekurangan tapi ke depannya akan dimaksimalkan dan tentunya kita punya program yang menarik buat musisi tentunya.

Apa tujuan membuat platform satumusik.com ?  

Ingin bantu musisi, baik yang baru dan  yang sudah eksis untuk punya wadah sebagai media support untuk promosi karyanya.

Swinging Friends atau siapapun yang mau gabung dengan satumusik.com untuk mempublish karyanya apakah bisa?

Bisa sapa aja kok. Ini kan wadah yang terbuka untk siapapun yang ingin upload karyanya di satumusik.com

Dan harapan terhadap musik di Indonesia?

Semoga saja pelaku industri musik, musisi dan pendengar musik di Indonesia bisa makin maju dan pintar serta terbuka terhadap hal baru dan jenis musik yang baru dan menemukan cara baru untuk memajukan industri ini dan melawan pembajakan dengan cara jual musik yang baru juga tentunya, yah win win solution buat semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.