Blog

Tamu Dadakan di Pentas Musik “Nights Like These”

sf-nights-like-these

PARA penggemar band Mocca berjuluk Swinging Friends yang tergabung dalam program Kelas Mocca berunjuk kemampuan bermusiknya pada acara “Nights Like These”. Panggung musik yang digelar di Memphis Lounge, The Salis Hotel Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (1/5/2015) malam itu dikejutkan dengan penampilan dadakan dari beberapa grup musik seperti Mocca dan Jizue asal Jepang.

Acara terlebih dulu menampilkan pertunjukan musik dari para anggota Kelas Mocca. Bila biasanya mereka memainkan lagu-lagu ciptaan Mocca dalam format ensamble, kali ini para Swinging Friends tampil dalam formasi band kecil, trio bahkan juga solo.

Menurut Presiden Swinging Friends Agung Kurniawan, panggung musik kali ini memang diselenggarakan khusus untuk para peserta program Kelas Mocca. “Kami biasanya berkumpul dan hanya sebatas belajar lagu-lagu Mocca, di acara ini mereka diberi ruang untuk tampil dan menunjukkan hasil latihannya,” kata Agung yang dijuluki “Kepala Sekolah” program Kelas Mocca.

Panggung indoor dibuka kreasi musik yang meriah dari grup Dew & Deer dan Stahsclussel. Tensi acara mulai diredam dengan pertunjukan musik akustik dari trio Syzygy dan penampilan solo Autumn Strain membawakan lagu-lagu bernuansa pop-folk yang menenangkan.

Nuansa yang lebih romantis ditampilkan gitaris solo, Indra Kusumah yang juga terlibat dalam program Kelas Mocca sebagai pembimbing. Gitaris band Bandung Inikami Orcheska dan Rice Cereal & Almond Choco itu menampilkan pertunjukan gitar instrumental dengan gaya finger style yang cukup skillful.
Di tengah penampilannya, Indra berkolaborasi dengan seorang vokalis cewek bernama Alyssa. Mereka membawakan salah satu lagu milik band Mocca berjudul “Secret Admirer” namun dalam lirik bahasa Prancis. Suara merdu dari mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Prancis di Universitas Pendidikan Indonesia berpadu harmonis dengan permainan gitar nilon Indra Kusumah.

Selain membawakan lagu-lagu Mocca dalam aransemen berbeda, Indra juga menampilkan lagu milik salah satu bandnya, Bandung Inikami Orcheska berjudul “Cerah”. Lagu yang aslinya bernuansa musik ska diaransemen menjadi lebih ngepop, meski ciri khasnya tetap terasa karena diisi nyanyian sang vokalis, Riksa ditambah melodi sederhana dari instrumen trombon yang dimainkan rekan satu band mereka, Ndik.

Tamu Istimewa

BAND beraliran jazz fusion asal Jepang, Jizue mendadak tampil di acara "Nights Like These" yang digeral Swinging Friends di Memphis Lounge, The Salis Hotel Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (1/5/2015) malam
BAND beraliran jazz fusion asal Jepang, Jizue mendadak tampil di acara “Nights Like These” yang digeral Swinging Friends di Memphis Lounge, The Salis Hotel Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (1/5/2015) malam

Di tengah-tengah acara, para penonton dikejutkan oleh kehadiran band beraliran jazz fusion asal Jepang, Jizue. Penampilan salah satu band pengisi acara “Kampoeng Jazz 2015” di kampus Universitas Padjajaran, Sabtu (2/5/2015) keesokan harinya itu diakui panitia tak direncanakan sebelumnya.

“Kebetulan mereka (personel Jizue) menginap di The Salis Hotel dan menonton acara ini, tak disangka mereka tertarik tampil di sini,” kata salah seorang panitia, Agung Kurniawan. Para penonton disuguhi pertunjukan musik campuran jazz dan rock dengan aksi panggung yang cukup energik dari keempat personelnya.

Tak puas menyaksikan band Jizue membawakan dua lagu mereka berjudul “Wish Upon a Star” dan “Rosso”, para penonton pun meminta Go Yamada (bass), Noriyuki Inoue (gitar), Kie Katagi (piano) dan Shin Kokawa (drum) menambah satu lagu terakhir. Permintaan itu pun dikabulkan keempat personel dengan membawakan lagu yang bertensi lebih tinggi sehingga mengundang sorakan meriah penonton.

KOLABORASI istimewa dilakukan band The Triangle dan vokalis band Mocca, Arina Ephipania pada acara "Nights Like These" yang digeral Swinging Friends di Memphis Lounge, The Salis Hotel Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (1/5/2015) malam.
KOLABORASI istimewa dilakukan band The Triangle dan vokalis band Mocca, Arina Ephipania pada acara “Nights Like These” yang digeral Swinging Friends di Memphis Lounge, The Salis Hotel Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (1/5/2015) malam.

Penampilan istimewa lainnya ditampilkan dua band tamu utama, The Triangle dan Rice Cereal & Almond Choco. Para penonton disuguhi penampilan yang sangat jarang terjadi yakni kolabirasi band The Triangle dengan vokalis band Mocca Arina Ephipania membawakan lagu-lagu milik The Triangle seperti “One Sided Affair” dan “Last Day”. Mereka juga membawakan dua lagu baru milik band Mocca, yakni “Home” dan “Changing Fate”. Saat membawakan lagu berjudul “Home”, Arina diiringi permainan gitar dari pemain bas The Triangle yang juga merupakan gitaris band Mocca, Riko, sedankan sang vokalis juga gitaris The Triangle, Cil beralih memainkan keyboard.

Band pendatang baru, Rice Cereal & Almond Choco yang tampil setelah grup Ruang Seni Sastra juga tak kalah memukau. Band beranggotakan Sasha (biola, vokal), Rere (vokal), Wibi (kontra bas), Indra Kusumah (gitar), Hamzah (cello), Zulqi (klarinet), Sidiq (flute) dan Maul (snare) membawakan lagu-lagu ciptaan mereka seperti “Somethings Beside Us” dan “Tea Bags” yang cukup easy listening.

BAND pendatang baru, Rice Cereal & Almond Choco memukau para penonton acara “Nights Like These” yang digeral Swinging Friends di Memphis Lounge, The Salis Hotel Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (1/5/2015) malam, lewat kreasi musik ciptaan mereka.

Mereka juga mengcover dua lagu lainnya yakni “Favorite Things” dan “Friends” yang merupakan lagu ciptaan band Mocca. Di pengujung penampilannya, mereka membawakan karya sendiri berjudul “Imaginarium” yang lebih energik dan bernuansa ceria.

Di pengujung acara kejutan kembali terjadi. Kali ini para penonton dikejutkan kehadiran para personel band Mocca di atas panggung. Kehadiran Arina (vokal, flute), Indra (drum), Riko (gitar) dan Toma (bas) yang tanpa direncanakan sebelumnya itu disambut histeris para penggemar. Penampilan kali ini diakui Arina menjadi sesi latihan sebelum Mocca tampil di acara “Kampoeng Jazz 2015” pada keesokan hari.

PS: Artikel ini juga dimuat di Harian Umum Pikiran Rakyat, hari minggu tanggal 3 Mei 2015 di halaman PR Khazanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.